RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 1 (pertama)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia pada masa Orde Baru.
Indikator : Merekonstruksi masa pememerintahan Orde Baru.
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Mendeskripsikan latar belakang lahirnya Orde Baru
B. Materi Pembelajaran
Ø Masa Pemerintahan Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Menjelaskan materi (hal. 2 – 5).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS.
Ø Internet.
F. Penilaian
Ø Essai
1. Tuliskan isi Tritura !
2. Tuliskan 4 kesatuan aksi yang tergabung dalam front Pancasila !
3. Tuliskan jawaban dari Tritura !
4. Tuliskan tiga kelompok di DPR pada tahun 1970!
5. Tuliskan isi dari trilogi pembangunan !
Jawaban
1. Pembubaran PKI dan Ormas-ormasnya; pembersihan kabinet Dwikora; penurunan harga-harga barang.
2. Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI); Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI); Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KAPI); Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI).
3. Pengukuhan tindakan pengemban SUPERSEMAR yang membubarkan PKI dan ormas-ormasnya pada sidang MPRS dengan tap MPRS No. IV/MPRS/1966 dan tap MPRS No. IX/MPRS/1966; Pelarangan paham dan ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme di Indonesia dengan tap MPRS No. XXV/MPRS/1966; Pelurusan kembali tertib konstitusional berdasarkan Pancasila dan tertib hukum dengan tap MPRS No. XX/MPRS/1966.
4. Kelompok Demokrasi Pembangunan yang terdiri dari PNI, Parkindo, Katolik, IPKI serta Murba; Kelompok Persatuan Pembangunan yang terdiri dari NU, Parmusi, PSII dan Perti; Kelompok Golongan Karya yang terdiri dari Organisasi Buruh, Organisasi Pemuda, Organisasi Tani dan Nelayan serta Organisasi Seniman.
5. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang menuju pada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia; Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi; Stabilitas Nasional yang sehat dan dinamis.
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 2 (kedua)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia pada masa Orde Baru.
Indikator : Mendeskripsikan proses menguatnya peran Negara
Pada masa Orde Baru.
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Menganalis proses menguatnya peran Negara pada masa Orde Baru
B. Materi Pembelajaran
Ø Proses menguatnya peran Negara pada masa Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Menjelaskan materi (hal. 6-7).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
4. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS.
Ø Internet.
5. Penilaian
Essai
1. Tuliskan isi dari Catur Karya Kabinet Ampera !
2. Tuliskan isi dari Dwi Darma Kabinet Ampera !
3. Kapan dan dimana Jenderal Soeharto menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan Dwi Darma dan Catur Karya !
4. Tuliskan contoh penyelewengan Soekarno terhadap UUD 1945 !
5. Tuliskan contoh pemurnian UUD 1945 pada pelaksanaan tatanan kenegaraan pada masa Orde Baru !
Jawaban
1. Memperbaiki kehidupan rakyat terutama di bidang sandang dan pangan; melaksanakan Pemilu dalam batas waktu seperti tercantum dalam tap MPRS No. XI/MPRS/1966 yakni 5 Juli 1968; melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif untuk kepentingan nasional sesuai dengan tap MPRS No. XI/MPRS/1966; melanjutkan perjuangan anti imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.
2. Menciptakan stabilitas politik dan ekonomi sebagai prasyarat untuk melaksanakan pembangunan nasional.
3. Pada tanggal 21 Maret 1968 di hadapan Sidang Umum V MPRS.
4. Menurut UUD 1945, MPR memegang kekuasaan tertinggi dalam NKRI. Presiden dan DPR berada dibawah MPR, namun pada masa pemerintahan Soekarno, kedudukan MPRS berada dibawah kekuasaan presiden.
5. Pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dimana Presiden Soeharto berbicara langsung (pidato kenegaraan) dihadapan wakil-wakil rakyat yaitu DPR.
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 3 (ketiga)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia pada masa Orde Baru.
Indikator : Mendeskripsikan proses pertumbuhan dan mobilitas
penduduk pada masa Orde Baru.
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Memahami proses pertumbuhan dan mobilitas penduduk pada masa Orde Baru.
B. Materi Pembelajaran
Ø Proses pertumbuhan dan mobilitas penduduk pada masa Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Menjelaskan materi (hal. 8-14).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS.
Ø Internet.
F. Penilaian
Essai
1. Jelaskan 3 faktor utama yang menghambat interaksi kota menurut Edward Ullman !
2. Tuliskan 3 dampak positif bagi desa dampak hubungan timbal-balik kota bagi desa !
3. Tuliskan 3 dampak negatif dampak hubungan timbal-balik kota bagi desa !
4. Tuliskan masing-masing 3 dampak positif dan negatif dampak hubungan hubungan timbal-balik kota dengan kota !
5. Tuliskan isi teori central place menurut Walter Christaller !
6. Tuliskan 6 faktor penyebab suatu titik lokasi menjadi pusat pertumbuhan !
7. Tuliskan 4 wilayah pertumbuhan di Indonesia !
8. Tuliskan beberapa daerah yang menjadi pusat pertumbuhan di luar pulau Jawa !
9. Tuliskan teori Growth Pole menurut Lerroux tahun 1955 !
10. Jelaskan apa penyebab perubahan tata ruang dari wilayah pusat pertumbuhan !
Jawaban
1. Adanya wilayah yang saling melengkapi (regional opportunity); adanya kesempatan utuk berinteraksi (interventing opportunity); adanya kemudahan transfer atau pemindahan dalam ruang (spacial transferability).
2. Cakrawala pengetahuan penduduk desa semakin meningkat; masuknya tehnologi tepat guna di wilayah pedesaan; munculnya KUD dan BUUD.
3. Terjadinya penetrasi kebudayaan kota ke desa yang merusak tradisi desa; perubahan tata guna lahan yang merusak lingkungan di desa; desa kekurangan tenaga potensial karena terjadinya urbanisasi.
4. Dampak Positif:
Ø Kemajuan di bidang trasportasi yang menghubungkan kota dengan kota
Ø Terpenuhinya kebutuhan bahan baku dan tenaga kerja
Ø Tersalurnya hasil produksi kekota lain
Dampak negatif:
Ø Munculnya daerah – daerah kumuh (slum area)
Ø Tata ruang kota menjadi tidak ideal
Ø Masuknya orang dari berbagai budaya dan daerah yang rawan memunculkan konflik.
5. Suatu titik lokasi pusat aktifitas yang melayani berbagai kebutuhan penduduk harus terletak pada suatu tempat sentral, yaitu suatu tempat atau kawasan yang memungkinkan partisipasi manusia dengan jumlah yang maksimun, baik mereka yang terlibat dalam aktifitas pelayanan/pelaku maupun konsumen dari barang-barang dan pelayanan yang dihasilkan.
6. Kondisi fisik wilayah; kekayaan SDA; sarana dan prasaran transfortasi; adanya industry; kondisi sosial budaya masyarakat; pertimbangan ekonomi.
7. Wilayah pertumbuhan di Indonesia:
v Wilayah Pembangunan Utama A: pusatnya di Medan, terdiri dari: wilayah pembangunan I (aceh dan Sumut berpusat di Medan); wilayah pembangunan II (Sumbar dan Riau berpusat di Pekanbaru).
v Wilayah Pembangunan Utama B: pusatnya di Jakarta, yang terdiri dari: wilayah pembangunan III (Jambi, Susel, dan Bengkulu yang berpusat di Palembang); wilayah pembangunan IV (Lampung, Jakarta, Jabar, Jateng, Yogyakarta yang berpusat di Jakarta); wilayah pembangunan V (Kalbar, yang berpusat di Pontianak).
v Wilayah Pembanguna C: pusatnya di Surabaya, yang terdiri dari: wilayah pembangunan VI (Jatim, Bali yang berpusat di Surabaya); wilayah pembangunan VII (Kalteng, Kaltim, Kalsel yang berpusat di Balikpapan dan Samarinda).
v Wilayah Pembangunan Utama D: pustnya di Makassar, yang terdiri dari: wilayah pembangunan VIII (NTB, NTT, Sulsel, Sultra, dan Timtim yang berpusat di Makassar); Wilayah pembangunan IX (Sulteng, Sultra yang berpusat di Manado); wilayah pembangunan X (Maluku, Irian Jaya pusatnya di Sorong).
8. Pusat-pusat pertumbuhan di luar pulau Jawa yakni:
v Arun di Nangroe Aceh Darussalam (NAD).
v Bontang di Kaltim.
v Soroako di Sulsel.
v Tembaga Pura di Papua.
9. Pada kenyataannya pembangunan yang terjadi dimanapun, bukanlah merupakan suatu proses yang terjadi secara serentak, tetapi muncul ditempat-tempat tertentu dengan kecepatan dan identitas berbeda-beda.
10. Penyebabnya adalah Pertambahan jumlah penduduk yang semakin meningkat dengan berbagai bentuk kegiatan usahannya, berpengaruh besar terhadap kebutuhan lahan.
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 4 - 5 (keempat dan kelima)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia pada masa Orde Baru.
Indikator : Menjelaskan Revolusi Hijau pada masa Orde Baru
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Menganalisis dampak Revolusi Hijau di Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
Ø Pertemuan Pertama
v Revolusi Hijau dan perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia.
Ø Pertemuan Kedua
v Perkembangan industrialisasi dan perubahan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Pertemuan Pertama
v Menjelaskan materi (hal. 15-17).
Ø Pertemuan kedua
v Menjelaskan materi (hal. 18-22).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS.
Ø Internet.
F. Penilaian
Essai
Pertemuan pertama
1. Tuliskan pengertian Revolusi Hijau !
2. Sebutkan Negara-negara tempat penelitian yang disponsori oleh Ford dan Rockefeller Foundation.
3. Tuliskan 4 cara dalam menggalakkkan produksi pertanian di Eropa !
4. Tuliskan gagasan munculnya Revolusi Hijau di dunia !
5. Apa tujuan dari pembentukan CGIAR !
6. Tuliskan 3 dasar dalam peningkatan pertanian di Indonesia !
7. Tuliskan pengertian dari ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian !
8. Tuliskan wilayah-wilayah di Indonesia yang menjadi tujuan Transmigrasi !
Jawaban
1. Revolusi produksi biji-bijian dari hasil penemuan-penemuan ilmiah berupa benih unggul baru dari berbagai varietas gandum, padi dan jagung yang membuat hasil panen komoditas tersebut meningkat dinegara-negara berkembang.
2. Meksiko, Filipina, India, Pakistan.
3. Pembukaan lahan-lahan pertanian baru; mekanisasi pertanian; penggunaan pupuk-pupuk baru; mencari metode yang tepat untuk memberantas hama tanaman.
4. Bermula dari hasil penelitian dan tulisan Thomas Robert Maltus (1766-1834) yang mengemukakan bahwa masalah kemiskinan dan kemelaratan adalah masalah yang tidak bias dihindari manusia, ini terjadi karena pertumbuhan penduduk dan peningkatan produksi pangan tidak seimbang, pertumbuhan penduduk mengikuti deret ukur sedangkan peningkatan produksi pangan mengikuti deret hitung.
5. Untuk memberikan bantuan kepada berbagai pusat penelitian internasional seperti IRRI di Filipina dan IMWIC di Meksiko.
6. Kebutuhan penduduk yang meningkat pesat; tingkat produksi pertanian yang masih sangat rendah; produksi pertanian belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan penduduk.
7. Memperluas wilayah pertanian; penyuluhan, penelitian dan pencarian bibit unggul baru.
8. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
Pertemuan Kedua
1. Tuliskan dampak Revolusi Industri bagi Inggris !
2. Tuliskan 4 industri pertanian di Indonesia !
3. Kenapa Indonesia dikatakan sebagai Negara Agraris !
4. Tuliskan 4 proyek percontohan industry di Indonesia !
5. Berdasarkan UUD 1945 pasal 33 dikenal 3 jenis produsen, tuliskan ketiga jenis produsen tersebut!
Jawaban:
1. Meningkatnya perekonomian di Inggris dan bahkan melanda seluruh Negara Eropa Barat dan Amerika Serikat.
2. Industry pengolahan hasil tanaman pangan termasuk hortikultura; industry pengolahan hasil perkebunan seperti industry minyak kelapa, karet dsb; industry pengolahan perikanan seperti industry rumput laut, ububr-ubur dan pengalengan ikan; industry pengolahan hasil hutan seperti pengolahan pulp, kertas dan rayon.
3. Karena hampir 80 persen wilayah Indonesia merupakan daerah pertanian sehingga sebagian besar penduduk Indonesia bekerja disektor pertanian.
4. Wilayah pencanangan pusat-pusat industri antara lain: pupuk di Palembang; semen di Gresik, peleburan besi baja di Jakarta dan Cilegon serta Industri pesawat terbang oleh PT. DI.
5. Badan Usaha Milik Negara (BUMN); usaha swasta dan Koperasi.
UJI KOMPETENSI
1. Munculnya Orde Baru sebagai akibat dari….
a. Terjadinya G30S/PKI
b. Kekacauan dalm bidang politik
c. Penyimpangan-penyimpangan dalam pemerintahan
d. Kekacauan dalam bidang ekonomi
e. Keinginan dalam menegakkan kembali pancasila dan UUD 45
2. Pelarangan Ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme di Indonesia dikukuhkan melalui Tap MPRS no…
a. IV/MPRS/1966 d. XXV/MPRS/1966
b. IX/MPRS/1966 e. XXXIII/MPRS/1966
c. XX/MPRS/1966
3. MPR hasil pemilu 1971 telah berhasil memilih Soeharto sebagai presiden dan Wapres yang terpilih saat itu adalah…
a. Adam Malik d. Umar Wirahadikusumah
b. Soedarmono e. Sri Sultan HB IX
c. Tri Soetrisno
4. Salah satu program jangka pendek Kabinet Ampera dalam bidang perekonomian…
a. Menciptakan stabilitas ekonomi Negara
b. Meningkatkan peredaran jumlah Rupiah
c. Menghindari barang-barang impor ke Indonesia
d. Mempertinggi nilai ekspor keluar negeri
e. Menjalin hubungan dengan Negara-negara maju
5. Usaha meningkatkan industri pertanian melalui intensifikasi adalah dengan cara…
a. Meningkatkan penggunaan bibit unggul
b. Meningkatkan industry pertanian
c. Meningkatkan fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan
d. Mengolah tanah secara modern
e. Mengolah dan meneliti tumbuh-tumbuhan yang sesuai dengan tempat
6. Berkembangnya pertanian modern bertujuan untuk…
a. Memproduksi pertanian dalam jumlah besar.
b. Meningkatkan kebutuhan eksport
c. Meningkatkan kreatifitas pertanian
d. Memenuhi kebutuhan pasar
e. Meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat
7. Berkembangnya industri pertanian disebabkan oleh…
a. Adanya upaya untuk meningkatkan hasil pertanian
b. Adanyan upaya untuk penggunaan pestisida
c. Adanya upaya untuk mempercepat proses pengerjaan tanah
d. Adanya upaya untuk penggunaan pupuk-pupuk kimia
e. Berkembangnya sistem kelompok tani
8. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan akibat pengaruh perkembangan perekonomian Indonesia adalah, kecuali…
a. Lokalisasi tanah
b. Kebutuhan akan perbaikan tanah
c. Percobaan pengujian terhadap tanaman
d. Frekuensi jalan
e. Tanaman yang dapat dikembangkan
9. Penyuluh pertanian memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan pertanian karena….
a. Berupaya untuk menjadikan pertanian sebagai sumber utama dalam kehidupan
b. Memberikan pengarahan tentang cara pengolahan tanah yang baik dan cepat
c. berupaya untuk meningkatkan penggunaan bibit unggul
d. memberikan pengarahan tentang cara-cara untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.
e. Memberikan pengarahan tentang tehnik-tehnik yang ditempuh dalam meningkatkan hasil pertanian.
10. Proses Revolusi Hijau pada Negara-negara berkembang diawali dengan….
a. Peningkatan penggunaan bibit unggul
b. Perluasan areal tanah-tanah pertanian
c. Peningkatan hasil produksi pertanian
d. Peningkatan pengolahan tanah secara modern
e. Program pelaksaan pengairan / irigasi
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 6 (keenam)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak
masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.2. Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa Reformasi.
Indikator : Menjelaskan berakhirnya pemerintahan Orde Baru
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Memahami latar belakang terjadinya peristiwa Reformasi 1998.
B. Materi Pembelajaran
Ø Berakhirnya pemerintahan Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Menjelaskan materi (hal. 28-36).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS
Ø Internet.
F. Penilaian
Essai
1. Tuliskan faktor penyebab penyebab munculnya Reformasi 1998 !
2. Tuliskan lima paket perundang-undangan politik yang dianggap menjadi sumber ketidakadilan !
3. Jelaskan peristiwa kelabu 27 Juli 1996 !
4. Tuliskan empat faktor penyebab terjadinya krisis ekonomi di Indonesia !
5. Tuliskan 4 krisis yang terjadi di Indonesia pada akhir pemerintahan Orde Baru !
Jawaban
1. Banyak hal yang mendorong timbulnya reformasi pada masa pemerintahan Orde Baru, terutama terletak pada ketidakadilan di bidang politik, ekonomi dan hukum.
2. UU No. 1 tahun 1985 tentang Pemilu; UU No. 2 Tahun 1985 tentang susunan, kedudukan, tugas dan wewenang DPR/MPR; UU No. 3 tahun 1985 tentang Parpol dan Golkar; UU No. 5 tahun 1985 tentang Referendum; UU No. 8 tahun 1985 tantang Ormas.
3. Peristiwa ini muncul sebagai akibat terjadinya pertikaian didalam internal PDI. Peristiwa ini terjadi karena adanya penyerbuan ke kantor pusat PDI yang diduduki oleh PDI Pro-Megawati, yang diduga dilakukan oleh kelompok PDI Pro-Surjadi.
4. Krisis moneter yang melanda Negara-negara di Asia Tenggara sejak bulan Juli 1996; utang luar negeri Indonesia; penyimpangan pasal 33 UUD 1945; pola pemerintahan sentralistik.
5. Krisis politik; krisis hukum; krisis ekonomi; krisis kepercayaan.
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 7 (ketujuh)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak
masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.2. Merekonstruksi perkembangan Indonesia pada
masa Reformasi .
Indikator : Merekonstruksi perkembangan politik dan ekonomi pada
masa Reformasi
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Menjelaskan secara kronologis peristiwa-peristiwa menjelang dan sekitar Reformasi 1998.
B. Materi Pembelajaran
Ø Perkembangan politik dan ekonomi pada masa Reformasi.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Menjelaskan materi (hal. 36-38).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS
Ø Internet.
F. Penilaian
Essai
1. Tuliskan 6 Agenda Reformasi !
2. Dari keenam agenda Reformasi, agenda yang mana yang belum / tidak terlaksana !
3. Kapan Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan !
4. Jelaskan kronologi Reformasi 1998 !
Jawaban
1. Adili Soeharto dan Kroni-kroninya; Amandemen UUD 1945; penghapusan Dwifungsi ABRI; otonomi daerah yang seluas-luasnya; supremasi hokum; pemerintahan yang bersih dan bebas KKN
2. Adilah Soeharto dan Kroni-kroninya.
3. Pada tanggal 21 Mei 1998.
4. Kronologi reformasi:
v Awal Maret 1998: Soeharto terpilih kembali menjadi presiden pada SU MPR.
v Bulan Mei 1998: mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia melakukan aksi Demonstrasi menuntut penghapusan KKN dan penurunan harga sembako.
v 12 Mei 1998: mahasiswa Trisakti menggelar demonstrasi yang berakhir dengan kerusuhan yang menewaskan 4 orang mahasiswa ditangan aparat.
v 13-14 Mei 1998: terjadi kerusuhan di Jakarta dan sekitarnya yang bernuansa SARA.
v 19 mei 1998: puluhan ribu mahasiswa menduduki gedung DPR-MPR di Senayan.
v 20 Mei 1998: Presiden Soeharto mengundang tokoh-tokoh nasional untuk membicarakan mengenai pembentukan Dewan Reformasi, namun Dewan ini gagal dibentuk.
v 21 Mei 1998: Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan dan digantikan oleh Wapres BJ. Habibie.
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 8 dan 9 (kedelapan dan kesembilan)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak
masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.2. Merekonstruksi perkembangan Indonesia pada
masa Reformasi .
Indikator : Mendeskripsikan perkembangan politik setelah
21 Mei 1998.
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Mendeskripsikan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998.
B. Materi Pembelajaran
Ø Pertemuan Pertama
v Pengangkatan BJ. Habibie menjadi Presiden RI – Reformasi di hukum.
Ø Pertemuan Kedua
v Sidang istimewa MPR – SU MPR hasil pemilu 1999.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Pertemuan Pertama
v Menjelaskan Materi (hal. 38-44)
Ø Pertemuan Kedua
v Menjelaskan materi (hal. 44-47).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS
Ø Internet.
F. Penilaian
Ø Essai
Pertemuan Pertama
1. Kapan BJ. Habibie membentuk kabinet, apa nama cabinet tersebut, serta dari unsur mana saja komposisi kabinetnya !
2. Pada tanggal 25 Mei 1998 kabinet BJ. Habibie menghasilkan suatu komite, apa tugas dari komite tersebut !
3. Tuliskan 5 hal yang dilakukan BJ. Habibie untuk memperbaiki perekonomian Indonesia !
4. Pada masa pemerintahan BJ. Habibie membebaskan beberapa narapidana politik, tuliskan nama narapidana politik yang dibebaskan tersebut !
5. Tuliskan contoh reformasi di tubuh ABRI !
Jawaban
1. Pada tanggal 22 Mei 1998; Kabinet Reformasi Pembangunan; dari Unsur-unsur Militer, Golkar, PPP dan PDI.
2. Untuk merancang UU politik yang lebih longgar dalam waktu 1 tahun dan menyetujui pembatasan masa jabatan Presiden yaitu maksimal 2 peride berturut-turut (1 periode sama dengan 5 tahun).
3. Merekapitulasi perbankan; merekonstruksi perekonomian Indonesia; melikuidasi beberapa bank bermasalah; menaikan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat hingga di bawah Rp. 10.000,-; mengimplementasikan reformasi ekonomi yang diisyaratkan IMF.
4. Sri Bintang Pamungkas dan Muchtar Pakpahan.
5. Peran ABRI di DPR mulai dikurangi secara bertahap yaitu dari 75 orang menjadi 38 orang. ABRI yang semula terdiri dari 4 angkatan (AD,AU,AL dan POLRI) pada tanggal 5 Mei 1999 POLRI memisahkan diri dari ABRI dan berganti nama menjadi kepolisian negara. Disampin itu istilah ABRI berubah menjadi TNI yang terdiri dari 3 angkatan (AD, AU, dan AL).
Pertemuan Kedua:
1. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia telah 2 kali MPR melaksanakan Sidang Istimewa. Jelaskan kedua SI tersebut !
2. Kapan dilaksanakan Pemilu pada masa pemerintahan BJ. Habibie dan berapa Parpol yang menjadi peserta pemilu tersebut !
3. Dalam pemilu 1999 terbentuk pemerintahan baru, tuliskan siapa yang menjadi:
Ø Presiden;
Ø Wakil Presiden;
Ø Ketau MPR;
Ø Ketua DPR.
4. Tuliskan 5 besar parpol pemenang pemilu 1999 !
5. Tuliskan nama lembaga pelaksanan pemilu 1999 dan dari unsur mana saja keanggotaannya dari lembaga tersebut !
Jawaban
1. Pada tahun 1967 digelar SI MPRS yang memberhentikan Soekarno dan mengangkat Soeharto menjadi Presiden RI serta pada tanggal 10-13 Nopember 1998 digelar SI MPR yang menghasilak 12 Tap MPR.
2. Pada tanggal 7 Juni 1999 pesertanya sebanyak 48 Parpol.
3. Yang menjadi:
a. Presiden: Abdurrahman wahid (Gusdur).
b. Wakil Presiden: Megawati Soekarnoputri.
c. Ketua MPR: Amien Rais.
d. Ketua DPR: Akbar Tanjung.
4. PDI Perjuangan: Partai Golkar; PPP; PKB; PAN.
5. Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang terdiri dari unsur-unsur wakil-waki pemerintah dan wakil-wakil parpol peserta pemilu.
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Tompobulu
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke : 10 (kesepuluh)
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak
masa Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : 1.2. Merekonstruksi perkembangan Indonesia pada
masa Reformasi .
Indikator : Merekonstruksi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat
sejak Reformasi.
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Ø Memahami keadaan sosial, politik dan ekonomi pada masa Reformasi.
B. Materi Pembelajaran
Ø Kondisi sosial, politik dan ekonomi masyarakat sejak Reformasi.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah diselingi Tanya jawab dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Apersepsi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Ø Menjelaskan materi (hal. 48-50).
Ø Pemberian tugas.
3. Kegiatan Penutup
Ø Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Ø Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Ø Buku sumber sejarah SMA IPA-Erlangga.
Ø Peta Konsep.
Ø Buku-buku penunjang yang relevan.
Ø LKS
Ø Internet.
F. Penilaian
Essai
1. Tuliskan dampak krisis moneter terhadap para pekerja !
2. Tuliskan lima upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat !
3. Tuliskan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani yang akan membangkitkan semangat para pengusaha!
4. Tuliskan secara berturut-turut mantan presiden dan presiden mulai dari proklamasi kemerdekaan RI sampai sekarang !
Jawaban
1. Akibat krisis moneter, para pengusaha kesulitan membayarkan gaji para pekerjannya, dilain pihak para pekerja menuntuk kenaikan gaji akibat melambungnya harga sembako. Akhirnya banyak pengusaha yang men-PHK para pekerjannya yang menambah jumlah pengangguran yang diperkirakan sekitar 40 juta orang. Akibat pengannguran ini timbullah berbagai tindakan kriminal.
2. Perluasan lapangan kerja secara terus-menerus; penyediaaan barang kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga terjangkau; penyediaan fasilitas umum dengan harga terjangkau; penyediaan ruang sekolah, guru dan buku-buku pendidikan umum dengan harga terjangkau; penyediaan klinik, dokter dan obat-obatan untuk kesehatan umum dengan harga terjangkau pula.
3. Pemerintah menetapkan harga produk pertanian yang tidak merugikan petani, maka para petani mampu membeli produksi industri non-pertanian yang akan memberi semangat bangkitnya para pengusaha untuk mengembangkan perusahaannya.
4. Soekarno (1945-1967), Soeharto (1967-1998), BJ. Habibie (1998-1999), Gusdur (1999-2001), Megawati Soekarnoputri (2001-2004), SBY (2004-sekarang).
Uji Kompetensi Pilihan Ganda
1. Presiden RI, seperti yang tercantum didalam UUD 1945 adalah mandataris MPR. Oleh karena itu, Presiden Soeharto ketika mengundurkan diri, seharusnya dilakukan…
a. Di rumah kediaman Presiden Soeharto
b. Di istana Negara tempat berkantornya Presiden
c. Di gedung MPR dihadapan anggota MPR yang memilihnya
d. Dihalaman gedung MPR dihadapan para demonstran
e. Di Istana Negara dengan mengundang pejabat-pejabat negara
2. Presiden Soeharto secara resmi mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan pada tanggal….
a. 12 Mei 1998 d. 19 Oktober 1999
b. 14 Mei 1998 e. 21 Oktober 1999
c. 21 Mei 1998
3. Perhatikan data dibawah ini:
1) Penculikan terhadap mahasiswa dan tokoh LSM yang kritis
2) Adanya tekanan pers yang menyuarakan kebenaran
3) Kemerdekaan bersikat dan berpendapat yang dijamin UU dibatasi
4) Munculnya Dr. Amien Rais sebagai tokoh Reformasi
5) Kemenangan PDI-P pimpinan Megawati pada pemilu 1999
Data di atas yang merupakan bentuk tekanan menjelang berakhirnya pemerintahan Orde Baru adalah…
a. 1, 2 dan 3 d. 1, 3 dan 5
b. 2, 3 dan 5 e. 2, 4 dan 5
c. 3, 4 dan 5
4. Krisis ekonomi mulai terasa sejak tahun 1997. Salah satu penyebabnya adalah…
a. Pengusaha asing mendapatkan perlakuan istimewa
b. Ketidakadilan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia
c. Adanya dominasi kaum intelektual dalam birokrasi pemerintah
d. Utang luar negeri Indonesia dapat dibayar dengan sangat mudah
e. Adanya praktek KKN didalam pemerintahan
5. Hal yang pokok dari tujuan Gerakan Reformasi di Indonesia pada tahun 1998 adalah…
a. Memberdayakan lembaga tinggi Negara agar lebih peduli terhadap kepentingan rakyat
b. Mengembalikan fungsi kontrol masyarakat terhadap para penguasa
c. Mengembalikan harta kekayaan pejabat Orde Baru yang korup kepada rakyat
d. Menuntut para pengusaha untuk melunasi hutang-hutang luar negerinya
e. Memperbaharui seluruh tatanan kehidupan agar sejalan dengan tuntutan keadilan masyarakat
6. Kondisi politik semakin memanas setelah terjadinya peristiwa kudatuli tanggal 27 Juli 1996. Peristiwa itu muncul sebagai akibat dari…
a. Tindakan para demonstran yang semakin tidak terkontrol
b. Terjadinya pertikaian internal didalam Golkar
c. Terjadinya pertikaian internal didalam PPP
d. Tindakan aparat pemerintah yang membudayakan KKN
e. Terjadinya pertikaian internal didalam PDI
7. Menjelang berakhirnya masa kampanye Pemilu 1997 meletus kerusuhan di Kalimantan yang banyak memakan korban jiwa, yaitu di…
a. Pontianak d. Sampit
b. Singkawang e. Banjarmasin
c. Sanggau Ledo
8. Munculnya krisis ekonomi di Indonesia diawali oleh faktor….
a. Hancurnya pusat-pusat perekonomian diberbagai kota di Indonesia
b. Terjadinya berbagai bentuk penjarahan yang dilakukan oleh massa rakyat
c. Munculnya berbagai bentuk pemboikotan terhadap terhadap pengiriman barang-barang
d. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat
e. Campur tangan Amerika Serikat didalam pengololaan perusahaan di Indonesia
9. Nilai tukar rupiah semakin merosot terhadap dollar Amerika Serikat terlihat pada bulan Maret 1998, dimana 1 Dollar Amerika Serikat senilai dengan….
a. Rp. 5.000,- d. Rp. 13.000,-
b. Rp. 8.000,- e. Rp. 16.000,-
c. Rp. 10.000,-
10. Dibawah ini para mahasiswa Universitas Trisakti yang meninggal terkena tembakan aparat, kecuali…
a. Elang Mulia Lesmana
b. Heri Hendriawan
c. Heri Hertanto
d. Hendriawan Lesmana
e. Hafidhin Royan
Tompobulu, Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Tompobulu Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PATTAWE. AB AMIRUDDIN, S. Pd
Nip. 19591231 198903 1 086 Nip. 19801012 200903 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar