Mistisme Jawa Tradisi mistik Jawa dikenal dengan sinkretismenya. Dalam perjalanan sejarah, ini menyerap semua tradisi keagamaan yang mencapai Jawa dan memberikan interpretasi sendiri. Tujuan dari tradisi mistik Jawa yang mengalami kesatuan dengan Tuhan. Di antara teknik mencapai tujuan ini adalah dihkr (doa berulang-ulang), puasa, kurang tidur, dan penarikan dari dunia,. Tujuan dari pemurnian asketisme yang memfasilitasi komunikasi langsung dengan dunia ilahi.
Perbedaan pendapat antara gerakan mistik
Antara tiga kelompok abangan, priyayi dan santri selalu luas ketegangan. Para Santri menuduh kelompok lain dua pencampuran Islam dengan Jawanisme. Prof.van der Kroef: "Konflik, bahkan kekerasan ... telah berulang kali terjadi antara penganut kelompok-kelompok ini, sering melibatkan bentrokan antara ketentuan-ketentuan adat lokal (hukum adat) dan hukum (hukum Islam )...".
Mistik Baduy
Di Jawa Barat, dekat kota Rangkasbitung, Banten Selatan, terletak di wilayah Baduy misterius. Luar tidak dapat masuk itu. The Baduy penjaga rajin misteri mistik Jawa dari awal sejarah Jawa. Mereka dihormati dan dikonsultasikan oleh sultan-sultan Jawa di Jawa Timur pada zaman dahulu serta penguasa terakhir Indonesia.wilayah mereka tidak memiliki campur tangan pemerintah secara langsung dan sebagai uang adalah tabu tidak ada pajak yang dikenakan di sana.
Di jantung negeri Baduy, tertutup oleh hutan belantara, terletak tempat kudus megalitic Sasaka Domas, atau Banyak Stones. Tidak ada yang diperbolehkan untuk mendekati itu.
The Baduy dianggap sebagai salah satu komunitas mandala terakhir yang selamat di Jawa. Anggota masyarakat ini menjalani kehidupan pertapa, berdasarkan garis panduan dari orang Sunda keyakinan -Hindu/Buddhistic/animistic tua, yang dikenal sebagai Kejawen. Ia bertahan di Islamizing negara. The Baduy panggilan agama Sunda Wiwitan mereka [Sunda awal]. Mereka hampir sepenuhnya bebas dari elemen-elemen Islam (kecuali yang dikenakan selama 20 tahun terakhir), mereka juga menampilkan karakteristik Hindu sangat sedikit.
Berdasarkan pada sistem tabu, agama Baduy animistik. Mereka percaya roh mendiami batu, pohon, sungai dan benda mati lainnya. Roh-roh berbuat baik atau jahat tergantung pada ketaatan seseorang yang tabu. Ribuan tabu berlaku untuk setiap aspek kehidupan sehari-hari life.Their diatur oleh interdictions untuk memiliki properti, menjaga ternak, meletakkan sawahs (sawah), budidaya produk baru, dll imam-raja mereka tidak diperbolehkan untuk meninggalkan wilayah , untuk melewati malam di luar desa mereka, atau untuk berkomunikasi dengan pihak luar. The Baduy tumbuh semua makanan mereka sendiri dan membuat alat sendiri dan pakaian. Mereka menolak pengenalan artefak dari luar.
Orang luar tidak diizinkan untuk memasuki domain batin yang dihuni oleh sebagian besar keluarga empat puluh berpakaian putih. Populasi adalah sangat terbatas. Bila batas tersebut terlampaui, penduduk surplus dikirim ke tinggal di luar masyarakat Baduy Luar. Meskipun mereka mencoba untuk mengamati tabu dari Baduy batin, ada banyak tekanan pada mereka untuk bersantai aturan. Meskipun demikian, mereka mempertahankan identitas mereka sebagai Baduy ke tingkat yang luar biasa.
Pemerintah Indonesia telah berusaha untuk mensosialisasikan mereka, dan upaya ini mengklaim telah menyebabkan keterbukaan yang lebih besar di antara Baduy dengan gagasan berkomunikasi dengan dunia luar. Masih harus dilihat apakah membuka hal ini tidak akan menyebabkan hilangnya kantong berharga ini mistisisme Jawa.
Sesudah perang spiritual gerakan
Pada zaman kolonial Pemerintah Belanda tetap mata tajam pada gerakan-gerakan ini termasuk persaudaraan tarekat sufi yang sering menimbulkan pemberontakan dipecat oleh dan seributahunan harapan mesianik. Pemerintah Indonesia mengikuti kebijakan ini karena takut infiltrasi komunis ke dalam kelompok tersebut. Untuk mengawasi mereka itu diperlukan gerakan mistik (Aliran kepercayaan) harus didaftarkan.
Pada tahun 1947 Subud telah didaftarkan di Yogyakarta yang didirikan di Semarang pada tahun 1932.
Biro Pengawasan Gerakan Agama (Pakem) di bawah Departemen Agama pada tahun 1964 telah terdaftar 360 gerakan. Pada tahun 1982 ada 93 kelompok dengan total 123.570 anggota di Jawa Tengah saja.
Pangestu mengklaim memiliki 50.000 anggota, Sapta Darma 10.000.
Beberapa Aliran kebatinan (nama lain untuk gerakan spiritual) yang bersandar terhadap Islam tidak suka disamakan dengan orang Jawa jelas lebih sekte yang tidak menolak terhadap guna-guna, Jawa praktik magis hitam. Kelompok-kelompok ini terbentuk sekitar seorang guru, yang mengaku telah menerima pencerahan(Wahyu).
Ratusan kelompok tersebut diketahui ada. guru mereka biasanya klaim orisinalitas bagi wahyu atau wawasan intuitif dan menolak pengetahuan dari buku atau pengaruh tradisi. Ketika guru meninggal, kelompok sering larut.
Sumarah
Sebuah disertasi (DGHowe) dan tesis (Paulus Aneh) telah dibuka untuk persaudaraan ini. Pendirinya, Sukinohartono, dibuka oleh pembantu Subud Wignosupartono.Yang terakhir ini dikenal karena kekuatan penyembuhan dan juga orang pertama yang dibuka oleh Pak Subuh, pendiri Subud. Sukinohartono memiliki sendiri wahyu setelahnya pada tahun 1932. Ia menjalani serangkaian pengalaman dari tahun 1935 hingga 1937. Setelah pembersihan intens Sukino diberikan untuk memahami bahwa ia akan menerima bimbingan melalui Hakiki dan malaikat Jibril. Dia dibawa secara berurutan melalui sembilan tahap rohani. Aneh: "Dimensi ia melewati paralel alam dibahas dalam sastra mistik klasik, cermin deskripsi ditemukan dalam wayang dan tasawuf."
Sukinohartono dilaporkan ao pertemuan dengan Yesus Kristus dan Nabi Muhammad. Pada tahun 1949 Sukinohartono memiliki wahyu lain. Tetangga terkait bahwa mereka telah melihat cahaya jatuh langit wahyu di rumah Sukino pada malam hari. Sukino juga menerima "petunjuk yang jelas yang menyatakan bahwa ia harus memimpin umat manusia menuju penyerahan total kepada Tuhan."
Dalam Sumarah ada dua tingkat latihan: Kanoman dan kasepuhan:. Kanoman latihan mengambil pokok tiga bentuk: karaga, otomatis berarti gerakan; karasasensitisasi intuisi dan kasuara: pidato spontan. Ini adalah dipahami sebagai hasil dari gerakan itu kuasa Allah dalam kandidat.
Untuk orang tua dan mereka yang jatuh tempo dalam roh adalah inisiasi kedua: meditasi diam kasepuan. Yang terakhir ini menjadi praktek standar. Latihan Kanoman datang dengan mengabaikan setelah 1949. Hal yang sama diterapkan pada pemisahan jenis kelamin dan menghadap Mekah selama latihan. Pada hari-hari awal ada juga "intens" pengecekan "kemajuan anggota.
Pada situs web mereka Sumarah dijelaskan sebagai berikut: "Sumarah adalah filosofi hidup dan bentuk MEDITASI yang berasal dari tanah Jawa, Indonesia Tujuannya. Praktik didasarkan pada pengembangan kepekaan dan penerimaan DEEP melalui RELAKSASl tubuh, perasaan dan Its. Pikiran adalah untuk membuat diri kita di dalam ruang batin dan kesunyian yang diperlukan untuk diri sejati untuk mewujudkan dan berbicara kepada kita.. Kata Sumarah total berarti menyerah, percaya diri dan sadar suatu penyerahan sebagian ego untuk universal Penyerahan diri total Hidup. "
Baru-baru ini lokakarya meditasi di seluruh dunia bermunculan. Lihat Sumarah Meditasi International Network link di bawah ini.
Subud
Subud memiliki tempat terpisah di antara kepercayaan ini. Dalam gerakan yang paling meditasi sedang dilakukan. Subud tampaknya sebagian besar bersandar pada tradisi tarekat sufi, namun beruang dan pengaruh priyayi santri. excercise mereka rohani, latihan tersebut, tampaknya cukup unik, namun. Saya belum datang di latihan serupa di deskripsi dari disiplin lain. Tentu saja, jika satu orang untuk jangka waktu latihan yang "senang" paralel beberapa dapat ditemukan di negara-negara lain dan dalam sejarah (Kristen awal).
Seperti yang terlihat di atas mistisisme Bahasa Indonesia dikembangkan dalam berbagai bentuk, beberapa mengaburkan esensi yang mendalam dalamnya.
Sangat disesalkan bahwa generasi muda Indonesia tampaknya telah kehilangan minat untuk mengembangkan hadiah bawaan mereka untuk melampaui realitas indrawi untuk menyempurnakan ke alam rohani terdalam mereka, terutama di masa sekarang berusaha antara faksi-faksi agama. Sinkretisme, karakteristik mistisisme Jawa, dikenal untuk menjembatani perbedaan luar dan menumbuhkan pemahaman antara semua orang.
Mungkin hari akan datang bahwa nilai luar biasa dari mistisisme Jawa akan ditemukan kembali. Its tradisi besar mungkin perlu dicangkokkan untuk dibawa ke mekar lagi.
Dupa, bunga merupakan alat komunikasi yang kuat
Jika di atas memberikan kesan bahwa mistisisme telah menghilang dari kehidupan orang Jawa Jakarta Post berlari serangkaian artikel tentang mistisisme pada bulan Agustus 2002. Beberapa isinya: Mistisisme telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Mereka yang mencari nasihat dari paranormal termasuk orang berpendidikan dan bahkan mereka yang religius, seperti Menteri Agama Said Agil Al Munawar. Kurang dari dua minggu lalu, menteri membuat berita utama ketika ia memerintahkan berburu harta karun di sebuah situs warisan dilindungi di Bogor, Jawa Barat, mengikuti nasihat dari seorang paranormal. [Di Indonesia, "psikis" = "kejiwaan."]. Agil mengatakan bahwa jika harta karun itu ditemukan, akan mampu menutupi utang luar negeri negara dari US $ 130 miliar. The Jakarta Post menjalankan serangkaian cerita mistisisme sekitarnya. Kisah dan yang terkait pada halaman 8 Agustus 26,2002, ditulis oleh Muninggar Sri Saraswati. Sementara telepon seluler dan Internet adalah metode yang paling populer komunikasi oleh urban, ada beberapa yang memilih kemenyan (dupa) dan bunga.Beberapa orang di Jawa membakar dupa dan meletakkan bunga disemprot dengan parfum untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang mati untuk mendapatkan ketenangan pikiran, memecahkan masalah atau mengobati penyakit hidup.[ki]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar